Search

Mantan Hakim Jadi Ketua Penyelidik PBB

Mantan hakim Perancis, Catherine Marchi-Uhel ditunjuk oleh Sekjen PBB, Antonio Guterres, untuk mengepalai Badan Penyelidik PBB untuk membantu mencatat dan menuntut semua pelanggaran serius terhadap hukum internasional di Suriah.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menunjuk akhli hukum dan mantan hakim Prancis, Catherine Marchi-Uhel untuk mengepalai Badan Penyelidik PBB untuk membantu mencatat dan menuntut semua pelanggaran serius terhadap hukum internasional di Suriah termasuk kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Jurubicara PBB Stephane Dujarric mengumumkan penunjukkan itu hari Senin. Catherine Marchi-Uhel selama ini bertugas sebagai ombudsperson pada Komite Dewan Keamanan yang memantau sanksi terhadap ekstremis negara Islam dan al-Qaida.

Meskipun ditentang keras oleh Suriah dan sekutunya Russia, Majelis Umum yang beranggota 193 negara Desember lalu memutuskan membentuk sebuah badan baru ‘untuk secara dekat berkordinasi’ dengan Independent International Commission of Inquiry on Syria yang dibentuk Dewan Hak Asasi Manusia PBB yang berkedudukan di Jenewa. Komisi itu mengatakan tahun lalu bahwa kejahatan perang ‘merajalela’ di Suriah. [ps/al]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Mantan Hakim Jadi Ketua Penyelidik PBB : http://ift.tt/2sBuwHS

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mantan Hakim Jadi Ketua Penyelidik PBB"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.