Search

India, China Sepakat Tarik Pasukan dari Kawasan Perbatasan yang Disengketakan

India mengatakan, Senin (28/8), negara itu telah mencapai kesepakatan dengan China untuk menarik pasukannya dari kawasan perbatasan yang disengketakan, yang telah menjadi sumber sengketa kedua negara sejak Juni lalu.

Kementerian Luar Negeri India mengatakan, melalui sebuah pernyataan, kedua pemerintah sepakat untuk segera menarik personel militer mereka dari kawasan itu setelah pembicaraan diplomatik selama berpekan-pekan.

Kementerian itu menyatakan, "Pada pembicaraan tersebut, kami menyampaikan pandangan kami dan mengungkapkan apa yang menjadi keprihatinan dan kepentingan kami.”

Ketegangan antara pasukan India dan China di kawasan yang terletak antara sekutu dekat India, Bhutan, dan China ini dimulai setelah pasukan India dikerahkan untuk mengganggu proyek pembangunan jalan China di Dataran Tinggi Doklam. Kawasan yang juga dikenal sebagai “Leher Ayam” ini sangat strategis bagi India, karena menghubungkan daratan Utama negara itu dengan kawasan Timurlautnya.

India mengatakan adalah kesepakatannya dengan Bhutan yang membuat negara itu mempertahankan keberadaan pasukan mereka di kawasan pegunungan itu meski ada seruan dari Beijing untuk meninggalkannya.

India dan Bhutan diketahui memilki hubungan ekonomi dan militer yang erat. Pertikaian ini diyakini sebagai konfrontasi paling serius antara kedua raksasa Asia, yang sempat terlibat perang pada tahun 1962. [ab/lt]

Let's block ads! (Why?)

Read For More India, China Sepakat Tarik Pasukan dari Kawasan Perbatasan yang Disengketakan : http://ift.tt/2vCTQJR

Bagikan Berita Ini

0 Response to "India, China Sepakat Tarik Pasukan dari Kawasan Perbatasan yang Disengketakan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.