Search

Aksi Protes di Iran Terus Berlanjut, 2 Tewas Tertembak

Seorang anggota parlemen Iran mengatakan dua orang tewas tertembak tadi malam, Senin (1/1), di kota Izeh, Iran barat-daya, sementara daerah-daerah seluruh Iran terus mengalami protes anti-pemerintah yang pecah pekan lalu.

Kantor berita IRNA mengutip Hedayatollah Khademi mengatakan ia belum mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas penembakan itu.

Kerusuhan yang terjadi saat ini di Iran, dimulai dengan protes yang relatif kecil Kamis lalu di Mashad, kota kedua terbesar Iran, dan basis utama para lawan Presiden Hassan Rouhani yang moderat, sebelum menyebar ke daerah-daerah lain negara itu.

Pemerintahan Trump mengatakan mereka sangat prihatin mengenai Teheran memblokir komunikasi rakyat Iran melalui media sosial dalam usaha untuk meredakan protes.

Iran memblokir akses ke aplikasi Telegram dan aplikasi berbagi-foto Instagram hari Minggu, dan media pemerintah mengatakan tindakan itu dimaksudkan untuk memelihara kedamaian. Warga Iran telah menggunakan aplikasi tersebut untuk berkomunikasi mengenai demonstrasi jalanan, curahan ketidakpuasan umum terhadap para ulama pemimpin Iran sejak protes tahun 2009 menentang hasil pemilihan presiden yang disengketakan.

Dalam wawancara dengan VOA Bahasa Parsi hari Minggu, Wakil Asisten Presiden Amerika urusan Komunikasi Strategis Michael Abton mengatakan tidak banyak yang dapat dilakukan pemerintah Amerika mengenai penindakan media social Iran. Tetapi ia mengatakan pemerintahan Trump memperkirakan Amerika dan perusahaan-perusahaan Barat lain akan menghentikan setiap konsesi kepada pemerintah Iran. [gp/is]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Aksi Protes di Iran Terus Berlanjut, 2 Tewas Tertembak : http://ift.tt/2qaM7W1

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aksi Protes di Iran Terus Berlanjut, 2 Tewas Tertembak"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.