Search

Perdana Menteri Baru Australia Umumkan Susunan Kabinet

Perdana menteri baru Australia Scott Morrison hari Minggu (26/8) mengumumkan kabinetnya dengan tidak "menghukum" saingannya dalam perebuatan kekuasaan yang sengit beberapa hari lalu.

Pemerintah koalisi konservatif yang terpecah dinilai perlu menghadirkan rasa persatuan menjelang pemilu yang dijadwalkan berlangsung Mei 2019.

Morrison memenangkan pemungutan suara anggota parlemen hari Jum’at (24/8) mengalahkan pesaingnya Rival Dutton.

Morrison dkenal loyal pada pendahulunya, Malcolm Turnbull, yang ditantang Dutton untuk melakukan pemungutan suara di tingkat parlemen guna membuktikan bahwa ia tetap didukung anggota-anggota Partai Liberal berkuasa. Turnbull mengundurkan diri.

Morrison yang sebelumnya menduduki jabatan di kementerian keuangan, mengembalikan Dutton ke Kementerian Urusan Dalam Negeri yang dulu dijabatnya semasa pemerintahan Turnbull.

Menteri luar negeri perempuan pertama di Australia, Julie Bishop, Minggu pagi mengumumkan mengundurkan diri dari kabinet. Bishop, yang kini berusia 62 tahun, telah menjadi wakil pemimpin partai yang berkuasa itu sejak tahun 2007 dan gagal menjadi perdana menteri dalam pemungutan suara hari Jum’at.

Anggota parlemen dari kelompok oposisi, Penny Wong, menyampaikan apresiasi kepada Bishop atas perannya yang luar biasa dalam urusan luar negeri Australia.

Bishop akan digantikan oleh mantan menteri pertahanan pertama, Marise Payne. [em]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Perdana Menteri Baru Australia Umumkan Susunan Kabinet : https://ift.tt/2MxATFL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perdana Menteri Baru Australia Umumkan Susunan Kabinet"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.