Search

Protes Batasan Umur Pensiun, Ribuan Unjuk Rasa di Moskow

Ribuan warga Rusia turun ke jalan-jalan memprotes rencana pemerintah menaikkan batas umur pensiun, walaupun Presiden Vladimir Putin telah memberikan beberapa konsesi untuk melunakkan tindakan itu.

Beberapa ribu orang berkumpul di Moskow dan demonstrasi-demonstrasi lain juga terjadi di sedikitnya 12 kota di Rusia, termasuk St. Petersburg, Yekaterinburg, Novosibirsk di Siberia dan di Vladivostok, kota pelabuhan di Rusia timur jauh.

Belum ada laporan tentang penangkapan dalam demonstrasi-demonstrasi itu, yang diberi izin oleh pemerintah.

Rencana yang semula diumumkan pada Juni lalu, akan menaikkan batas umur pensiun bagi perempuan dari 55 menjadi 63 tahun, dan laki-laki dari 60 menjadi 65 tahun.

Tapi setelah terjadi demonstrasi yang meluas, Putin berbicara lewat televisi pada Rabu (29/8) dan mengatakan batas umur pensiun untuk perempuan hanya akan dinaikkan menjadi 60 tahun, dan untuk laki-laki tetap 65 tahun, tapi akan dilaksanakan secara bertahap dalam waktu lima tahun.

Tentangan atas rencana perubahan batas usia pensiun itu telah menarik pihak oposisi dari segala umur dan kepercayaan politik.

Orang-orang Rusia yang muda mengatakan, mempertahankan para pekerja yang lebih tua akan mengurangi kesempatan bagi mereka. Di sisi lain, warga Rusia yang sudah tua mengatakan karena rendahnya tingkat pengharapan hidup, mereka khawatir tidak akan hidup cukup lama untuk bisa mendapat uang pensiun.

Umur rata-rata di Rusia adalah 66 untuk laki-laki dan 77 tahun untuk perempuan, menurut Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO).

Demonstrasi terbesar pada Minggu (3/9) ini di Moskow diatur oleh Partai Komunis, sementara aktivis anti-korupsi Alexei Navalny menyerukan kepada para pendukungnya, kaum muda yang tinggal di perkotaan, untuk berdemonstrasi pada 9 September.

Rencana menaikkan umur pensiun itu juga menurunkan tingkat popularitas Putin. Jajak pendapat mingguan yang diadakan oleh Fund for Public Opinion mengatakan 61 responden sepenuhnya atau sebagian besar percaya pada Putin dalam pertengahan Agustus. Hasil survei itu turun dari 75 persen sebelum rencana umur pensiun itu diumumkan. [ii]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Protes Batasan Umur Pensiun, Ribuan Unjuk Rasa di Moskow : https://ift.tt/2MFXWOZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Protes Batasan Umur Pensiun, Ribuan Unjuk Rasa di Moskow"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.