Search

Presiden Jokowi Apresiasi Deklarasi Anti Radikalisme Terorisme Dari Pimpinan Perguruan Tinggi

Presiden Jokowi menyambut positif deklarasi perguruan tinggi se-Indonesia untuk melawan radikalisme. Saat memberikan sambutan dalam acara penutupan Pertemuan Pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia di Nusa Dua Bali, Selasa (26/9), Jokowi mengingatkan adanya ancaman yang menyusup di balik perkembangan teknologi. Di antaranya adalah melalui media sosial yang sangat terbuka.

"Sekarang ini telah terjadi infiltrasi ideologi yang ingin menggantikan Pancasila dan memecah belah kita. Keterbukaan tidak bisa kita hindari sehingga media sosial sangat terbuka bebas untuk infiltrasi yang tidak kita sadari. Tadi saya bangga telah dideklarasikan oleh pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia yang bertekad untuk mempersatukan kita dalam NKRI, berpegang teguh dalam UUD 1945, dan menjaga Bhinneka Tunggal Ika," sambut Presiden Jokowi.

Jokowi mengingatkan, perguruan tinggi adalah sumber pengetahuan dan pencerahan. Oleh karena itu Jokowi menekankan, sangat berbahaya bila perguruan tinggi dimanfaatkan segelintir pihak sebagai medan infiltrasi ideologi radikalisme terorisme.

"Saya ingin mengingatkan pada kita semua bahwa perguruan tinggi adalah kawahnya pengetahuan, sumber pengetahuan dan sumber pencerahan. Dan sangat berbahaya sekali kalau perguruan tinggi menjadi medan infiltrasi ideologi-ideologi radikal. Jangan sampai kampus-kampus menjadi lahan penyebaran ideologi anti-Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," pesan Presiden.

Pola masuknya ideologi radikalisme terorisme ini lanjut Jokowi saat ini menggunakan metode pendekatan yang sangat lembut dan akrab khususnya di kalangan anak-anak muda.

"Dan mereka muncul dengan cara-cara baru, mereka muncul dengan metode-metode baru, halus lembut dan sering tanpa kita sadari. Sangat halus sangat kekinian dengan pendekatan-pendekatan yang akrab dan sering menyentuh hati. Banyak dari kita yang terbuai oleh itu sehingga kita lupa telah memiliki Pancasila," jelasnya.

Lebih lanjut Jokowi menegaskan, perguruan tinggi harus mengambil sikap jelas dan tegas dalam mencegah dan melawan radikalisme. Perguruan Tinggi juga harus mengambil peran nyata dalam membela Pancasila dan NKRI sebagai wujud kepedulian kepada bangsa dan negara Indonesia.

"Oleh sebab itu apabila kita semua masih cinta Indonesia, cinta NKRI, cinta Pancasila, dan cinta Bhinneka Tunggal Ika, kita harus menghentikan infiltrasi ideologi radikalisme, dan terorisme di seluruh perguruan tinggi seluruh Indonesia. Agar rasa persatuan dan persaudaraan semakin kuat. Jangan sampai hasil kerja keras untuk anak cucu kita hancur karena terorisme dan radikalisme sehingga bangsa kita jadi bangsa yang mundur," lanjut Presiden Jokowi. [aw/lt]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Presiden Jokowi Apresiasi Deklarasi Anti Radikalisme Terorisme Dari Pimpinan Perguruan Tinggi : http://ift.tt/2hugnaG

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Jokowi Apresiasi Deklarasi Anti Radikalisme Terorisme Dari Pimpinan Perguruan Tinggi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.