Search

Kasus Salah Tangkap, Pria California Dapat Ganti Rugi $21 Miliar

Kota Simi Valley, California, telah menyepakati ganti rugi sebesar $21 miliar (Rp 294 triliun) dengan seorang pria yang menjadi korban salah tangkap. Pria tersebut menjalani hukuman penjara selama hampir 40 tahun karena kasus tuduhan pembunuhan terhadap pacar dan putranya yang berusia empat tahun.

Craig Coley dibebaskan pada 2017 setelah ia mendapat pengampunan dari Gubernur Jerry Brown yang menjabat saat itu. Kata Brown, bukti DNA dan investigasi ulang membuktikan bahwa Coley tidak bersalah.

Pejabat Simi Valley mengatakan pada Sabtu (23/2) bahwa perjanjian tersebut akan mengurangi proses hukum yang panjang, mahal dan tidak perlu, kantor berita Associated Press melaporkan, mengutip Los Angeles Times.

“Meskipun uang sebesar apa pun tidak dapat mengganti apa yang telah terjadi pada Tuan Coley, menyelesaikan kasus ini adalah tindakan yang benar untuk Tuan Coley dan masyarakat kami,” kata Wali Kota Eric Levitt dalam sebuah pernyataan. Pemerintah kota akan membayar sekitar $ 4,9 juta (Rp 96,7 miliar) dan sisanya diharapkan akan dibayar oleh asuransi dan sumber lainnya.

Negara tahun lalu menyetujui pembayaran terpisah hampir $2 juta (Rp 28 miliar) untuk Coley. Coley sekarang telah berusia 71 tahun.

Coley menghabiskan 39 tahun di balik jeruji besi setelah ia dinyatakan bersalah karena membunuh Rhonda Wicht (24 tahun) dari Simi Valley dan putranya pada 1978.

Kepala polisi kota dan jaksa wilayah Ventura County meminta Brown untuk memberi pengampunan kepada Coley karena tes forensik menunjukkan DNA Coley tidak ada di seprai korban, yang terdapat DNA dari seorang pria tak dikenal. Coley memiliki alibi pada waktu kejadian pembunuhan. Para penyidik kemudian membantah kesaksian dari seorang saksi mata yang mengaku dia ada di tempat kejadian.

Orang tuanya meninggal ketika ia menjalani hukuman penjara setelah menggadaikan rumah mereka untuk membayar tagihan hukumnya.

Ron Kaye, seorang pengacara yang mewakili Coley mengatakan kesepakatan itu memberikan akhir dan kebenaran bagi kliennya, meskipun tidak ada jumlah uang yang dapat mengganti hidup yang dia lewatkan selama berada dalam penjara.

Segera setelah Coley diampuni, seorang hakim menyatakan dia sebenarnya tak bersalah. Polisi Simi Valley hingga kini belum menangkap siapa pun terkait kasus pembunuhan itu. [er/ft]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Kasus Salah Tangkap, Pria California Dapat Ganti Rugi $21 Miliar : https://ift.tt/2VbsDLI

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kasus Salah Tangkap, Pria California Dapat Ganti Rugi $21 Miliar"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.