SUKODONO, Kompasiana - Tim KKN UNISNU Jepara Kelompok 5 Desa Sukodono mendampingi pengelolaan bisnis UMKM Daffa Snack dan Catering dalam strategi pemasarannya. Pendampingan tersebut merupakan program kemitraan mahasiswa KKN Unisnu Desa Sukodono dengan mitra utama Daffa Snack yang berlangsung hari Jum'at (17/02-2022) yang bertempat di rumah produksi Mbak Latifah yang berada di Desa Sukodono RT 04 RW 05, Tahunan, Jepara.
"Kami memilih UMKM Daffa Snack dan Catering sebagai mitra utama karena dari observasi yang kami lakukan, UMKM Daffa masih memerlukan pengembangan dalam strategi pemasarannya. Untuk itu kami dari tim KKN Sukodono akan melakukan pendampingan selama 40 hari kedepan", ujar Fatih selaku ketua Tim KKN Sukodono.
Saat ditemui dikediamannya, mbak Latifah selaku pemilik UMKM Daffa Snack dan Catering bertutur bahwa usaha yang dimilikinya sudah berdiri dari tahun 2017 namun masih memiliki banyak kekurangan, khususnya pada strategi pemasaran.
"Kita sudah berjalan 4 tahun lebih namun masih banyak kekurangan di bagian promosi. Kita tadinya mau membuat cuman kadang terkendala waktu, jadi belum sempat sampai sekarang", ujar mba Latifah kepada tim KKN.
Selain memiliki kekurangan pada bagian pemasaran, dikarenakan pandemi covid, UMKM Daffa juga mengalami dampak negatif terhadap perekonomian. Menurut Mbak Latifah selaku pemilik bisnis UMKM Daffa Snack, pandemi Covid-19 berdampak negatif pada usaha yang dimilikinya mulai dari berkurangnya jumlah penjualan hingga susahnya memasarkan produk saat pandemi akibat dari kebijakan yang ada.
Untuk menghadapi permasalahan-permasalahan tersebut, dibutuhkannya solusi agar terus bertahan. Menurut Syahnaz, salah satu mahasiwi KKN di Desa Sukodono, solusi yang dapat diberikan adalah dengan mengembangkan strategi pemasaran.
Kegiatan yang dilakukan Tim KKN Sukodono dalam mendampingi UMKM Daffa Snack dan Catering antara lain, melakukan pendampingan dalam bagian produksi, memperbarui logo usaha, membuat plang nama, mengelola sosial media dan membuat denah lokasi di google map agar memudahkan pelanggan dalam menemukan tempat UMKM Daffa.
"Selama 40 hari, kami melakukan pendampingan pada UMKM Daffa Snack dan Catering untuk membantu dalam mengembangkan strategi pemasarannya. Kami berharap dengan adanya kami (tim KKN) dapat membantu mbak Latifah dalam mengembangkan usahanya khususnya pada pemasarannya", pungkas Syahnaz.
VIDEO PILIHAN
"Snack" - Google Berita
March 09, 2022 at 05:33PM
https://ift.tt/B6CIhny
KKN Unisnu Dampingi UMKM Daffa Snack dan Catering Mengembangkan Strategi Pemasaran - Kompasiana.com - Kompasiana.com
"Snack" - Google Berita
https://ift.tt/VSdJ3tf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "KKN Unisnu Dampingi UMKM Daffa Snack dan Catering Mengembangkan Strategi Pemasaran - Kompasiana.com - Kompasiana.com"
Posting Komentar