Peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memajukan perekonomian Indonesia sudah tidak diragukan lagi. UMKM memiliki kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia. UMKM berperan besar mendorong perekonomian Indonesia untuk tumbuh ke arah yang lebih baik. Indonesia harus gencar mengajak kota-kota yang ada di wilayahnya untuk memberdayakan UMKM sebagai basis penguat ekonomi.
Lantas, bagaimana cara agar UMKM bisa berkembang dan maju untuk bisa memajukan perekonomian?
Jadi salah satu caranya yaitu perlu adanya strategi untuk mengembangkan bisnis khususnya UMKM yaitu dengan strategi Digital Marketing.
Digital marketing atau pemasaran secara digital merupakan suatu usaha memasarkan produk atau jasa menggunakan perangkat digital yang dapat menjangkau dan dijangkau oleh konsumen secara online. Digital marketing menggunakan beragam media digital untuk mengakses para calon konsumen agar dapat melihat penawaran para pelaku UMKM di media digital seperti website atau landing page, market place, media sosial (Facebook, Instagram, Tiktok, WhatsApp , dan lain-lain.). Digital marketing memberikan manfaat kemudahan bagi konsumen dan bahkan pelaku UMKM.
Seperti yang sudah dilakukan oleh UMKM "Snack Nyemil" yang berkolaborasi dengan salah satu agency digital marketing yaitu "Thinktank".
"Thinktank" merupakan suatu agency yang tergabung dan menjalani studi independent Batch 03 Kampus Merdeka pada program "Digital Marketing Camp". Oleh karena itu, dalam kesempatan lain para mahasiswa juga melakukan kolaborasi langsung kepada para pelaku UMKM utamanya UMKM "Snack Nyemil" tentang bagaimana cara melakukan digital marketing untuk produk mereka. Dalam kegiatan ini yang menjadi fokus adalah tentang pembuatan video dan konten promosi produk dan juga pembuatan akun media sosial untuk penjualan.
UMKM "Snack Nyemil" merupakan salah satu UMKM yang berlokasi produksi di Bandung Jawa Barat. "Snack Nyemil" merupakan produk home made yang memiliki berbagai varian produk seperti basreng, makaroni, kacang sembunyi dan pangsit caramel. Sedangkan "Thinktank" merupakan suatu agency yang bertujuan membuat, merencanakan dan menangani periklanan untuk kliennya yaitu "Snack Nyemil".
Agency digital marketing "Thinktank" membantu meningkatkan penjualan "Snack Nyemil"dengan cara melakukan promosi, pengiklanan sampai dengan penjualan. Kegiatan dimulai dari pembuatan BMC (Bisnis Model Canvas), survey customer journey, pembuatan landing page, pembuatan weekly editorial plan konten, posting konten pada media social Instagram, tiktok dan facebook sampai dengan penayangan iklan pada FB Ads.
Beberapa strategi yang dibuat oleh agency "Thinktank" untuk membantu menaikkan penjualan "Snack Nyemil" adalah dengan cara sebagai berikut :
- Melakukan pembuatan video yang menarik pada platform Tiktok. Pembuatan dan penayangan video pada Tiktok berdasarkan apa yang sedang viral sekarang ini, jadi mudah lewat fyp.
- Melakukan promosi penjualan melalui media sosial Instagram dan Facebook. Promosi dilakukan dengan cara memposting konten harian yang menarik atau eye catching sehingga mengundang banyak interaksi pada kolom komentar dan insight.
- Melakukan penjualan pada e-commerce "Shopee". Penggunaan shopee ini sangat diidam-idamkan oleh customer karena terdapat voucher gratis ongkir.
Video Pilihan
"Snack" - Google Berita
December 08, 2022 at 01:37PM
https://ift.tt/rtAh9Zu
Cara Meningkatkan Penjualan UMKM "Snack Nyemil" Melalui Strategi Digital Marketing - Kompasiana.com - Kompasiana.com
"Snack" - Google Berita
https://ift.tt/uqBAXt6
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Cara Meningkatkan Penjualan UMKM "Snack Nyemil" Melalui Strategi Digital Marketing - Kompasiana.com - Kompasiana.com"
Posting Komentar