INFO NASIONAL - Rapat Kerja Kementerian Perdagangan yang digelar di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, pada 1-2 Maret 2023, menghadirkan stan Rafin's Snack Indonesia. Rafins adalah salah satu produk usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) asal Lampung.
Salah satu produk terbaiknya adalah keripik kulit ikan Fish Skin. “Keripik ikan Fish Skin ini sering dipesan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, untuk kebutuhan di rumah maupun saat menyambut tamu pribadi," kata pemilik merek Rafin’s Snack Indonesia Rospawati.
Menurutnya, Mendag Zulkifli mengatakan jika makan Fish Skin ini seolah tak bisa berhenti, karena saking enaknya. Awal bisnisnya dimulai saat Rospawati membuat produk Fish Skin yang dijual di toko tetangga dan kafe di sekitar Pringsewu, salah satu kabupaten di Provinsi Lampung.
Namun rupanya salah satu konsumen tertarik dan memesan dalam jumlah banyak. “Sejak saat itu, produk kami langsung berkembang,” ujar Rospawati. Produk keripik kulit ikan kini tak sendirian dijual di tokonya.
Rospawati mulai melebarkan produknya dengan membuat berbagai produk cemilan (snack) seperti keripik pisang, sale pisang, keripik singkong, keripik kentang, keripik talas, dan keripik ubi ungu. “Pesanan cemilan sekarang semakin banyak, sehingga saya harus menambah karyawan hingga 15 karyawan,” kata dia.
Pada awal masa pandemi, Rospawati mengaku hampir gulung tikar. Produknya tidak bisa dijual karena tak ada pembeli sama sekali. Karyawan pun sempat menganggur.
Namun, berkembangnya media sosial membuat Rospawati bergairah kembali. “Saya gunakan Instagram untuk memulai bisnis digital. Pesanan kembali membeludak. Selama pandemi, omset naik enam kali lipat".
Produk yang dikembangkan di Kabupaten Pringsewu ini bahkan semakin mendunia. Sejumlah negara sudah pernah disinggahi produk Rafin’s Snack Indonesia baik yang dilakukan sendiri maupun reseller dan distributor seperti di Malaysia, Singapura, Kanada, Jepang, Turki, Mesir dan India.
“Sekarang kami sedang memproses pesanan keripik kentang dari pelaku usaha di Singapura,” ujarnya bersemangat.
Kunci suksesnya terletak pada pelayanan pelanggan yang memuaskan. Sebanyak 90 persen penjualan sukses karena konsumen senang dengan pelayanannya.
Rafins menyediakan tempat untuk berfoto dan mencicip. “Pelayanan yang ramah dan selalu memuaskan pelanggan menjadi kunci. Intinya semua yang membuat konsumen senang,” katanya.
Tak hanya itu, sukses yang diraih Rafins Snack Indonesia juga berkat strategi mengikuti tren. Saat ini, dengan perdagangan digital, penjualan difokuskan ke digital terutama di media sosial.
“Saat ini eranya digital,maka kami harus mengikuti tren ini. Jika tidak kita akan ketinggalan jaman. Begitu juga dengan variasi rasa produk. Saat ini tren rasa Bulgogi Korea, kita menyesuaikan,” ujarnya. (*)
"Snack" - Google Berita
March 02, 2023 at 04:30PM
https://ift.tt/490zmeZ
Ada Kripik Kulit Ikan Kesukaan Mendag di Raker - Nasional Tempo
"Snack" - Google Berita
https://ift.tt/bfFQjHm
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Ada Kripik Kulit Ikan Kesukaan Mendag di Raker - Nasional Tempo"
Posting Komentar