Search

India Luncurkan Rute Perdagangan Baru ke Afghanistan Melalui Iran

India hari Minggu (29/10) melakukan pengiriman gandum yang pertama ke Afghanistan melalui pelabuhan laut Iran yang strategis, Chahbahar. Dan ini merupakan peluncuran rute perdagangan tanpa melalui saingan lamanya, Pakistan.

Pengiriman itu, pemberian India bagi Afghanistan, dikirim dari pelabuhan laut Kandla, India barat. Pangan tersebut akan diangkut dengan truk ke Afghanistan dari pelabuhan Iran itu.

Rute perdagangan baru itu mengikuti jalur angkutan barang melalui udara yang dimulai antara India dan Afghanistan bulan Juni tahun lalu untuk menyediakan akses yang lebih besar bagi barang Afghanistan ke pasar India.

Dalam strategi Afghanistan barunya yang diungkapkan bulan Agustus, Presiden Amerika Donald Trump meminta India berbuat lebih banyak untuk membantu pembangunan Afghanistan.

Pakistan saat ini tidak mengizinkan India melakukan pengangkutan melalui wilayahnya ke Afghanistan karena permusuhan dalam hubungan mereka. Pakistan memandang tidak ada perlunya peran India di Afghanistan.

Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj mengatakan hari Minggu bahwa pengiriman itu menandai kerjasama India, Afghanistan dan Iran untuk mendorong arus perniagaan dan perdagangan tanpa hambatan di seluruh kawasan itu.

“Saya yakin bahwa ini adalah titik permulaan perjalanan kita untuk mewujutkan semua aspek konektivitas, dari kebudayaan hingga perniagaan, dari tradisi ke teknologi, dari investasi ke Teknologi Informasi, dari jasa ke strategi dan dari rakyat ke politik,” kata Swaraj.

India, Afghanistan dan Iran tahun lalu memutuskan untuk bersama-sama menegakkan rute perdagangan bagi negara-negara Asia Tengah yang tidak mempunyai akses ke laut. India telah menjanjikan sampai $500 juta bagi pembangunan Pelabuhan Chahabar serta jalan dan rel kereta api yang terkait. [gp]

Let's block ads! (Why?)

Read For More India Luncurkan Rute Perdagangan Baru ke Afghanistan Melalui Iran : http://ift.tt/2hlDtND

Bagikan Berita Ini

0 Response to "India Luncurkan Rute Perdagangan Baru ke Afghanistan Melalui Iran"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.