Search

Kelanjutan Pemotongan Produksi OPEC Tak Pasti, Harga Minyak Turun

Harga minyak melemah pada perdagangan Rabu (29/11), Reuters melaporkan, karena keraguan OPEC dan Rusia akan setuju memperpanjang kebijakan pemotongan produksi dan laporan mengenai produksi Amerika yang meningkat di luar dugaan.

Kontrak berjangka minyak West Texas Intermediate (WTI) turun 30 sen atau 0,5 persen dari perdagangan sebelumnya, menjadi 57,69 per barel pada pukul 05:43 GMT.

Para pedagang mengatakan harga minyak Amerika terseret turun oleh laporan American Petroleum Institue pada Selasa (28/11) petang yang menunjukkan bahwa cadangan minyak Amerika naik sebanyak 1,8 juta barel di pekan yang berakhir 24 November.

Mulai beroperasi kembali secara bertahap pipa minyak Keystone, yang memasok minyak Kanada ke Amerika, juga turut menurunkan harga minyak Amerika.

Kontrak berjangka minyak Brent, acuan harga minyak internasional, turun 44 sen atau 0,7 persen menjadi 63,17 dolar per barel.

Harga minyak dunia, terutama minyak Brent yang telah naik 40 persen sejak pertengahan 2017, telah menguat dipicu oleh upaya OPEC dan produsen minyak lainnya untuk mengurangi produksi. Kesepakatan pengurangan produksi berakhir Maret 2018, namun OPEC akan mengadakan rapat pada Kamis (30/11) untuk menentukan apakah akan memperpanjang pemotongan produksi.

“Mereka berencana memperpanjang kebijakan untuk sepanjang 2018, namun dengan opsi meninjau ulang kesepakatan pada Juni. Artinya, mereka setuju untuk tidak setuju,” kata Ralph Lesczynski, kepala riset dari agen pengapalan Bancosta di Singapura.

Selain pemotongan produksi, ekonomi dunia yang sehat juga akan membantu pasar mencapai keseimbangan setelah banjir pasokan selama bertahun-tahun. [fw/au]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Kelanjutan Pemotongan Produksi OPEC Tak Pasti, Harga Minyak Turun : http://ift.tt/2Ajlt0Y

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kelanjutan Pemotongan Produksi OPEC Tak Pasti, Harga Minyak Turun"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.