Search

Jelang 20 Tahun Mata Uang Euro

Tanggal 1 Januari 2019, mata uang euro akan genap berusia 20 tahun.

Setelah dua dekade menghadapi berbagai pasang surut ekonomi, euro menjadi elemen penting pasar-pasar finansial, membayangi dolar yang hingga saat ini mendominasi pasar dunia.

Euro telah menghadapi berbagai tantangan besar termasuk kesulitan saat pertama kali diluncurkan, krisis finasial 2008, dan krisis utang zona euro yang memaksa sejumlah negara meminta dana talangan untuk menutupi utang mereka.

Euro diperkenalkan pada 1 januari 1999, dan awalnya digunakan sebagai mata uang virtual yang digunakan dalam transaksi-transaksi keuangan. Orang-orang Eropa mulai menggunakan mata uang itu untuk transaksi sehari-sehari tiga tahun kemudian ketika lembaran dan koin euro mulai dirilis.

Pada saat itu, hanya 11 negara yang menggunakan mata uang itu karena negara penggunanya disyaratkan untuk memenuhi sejumlah ketentuan, termasuk dalam hal batas utang, batas defisit dan batas inflasi.

Mata uang ini kini digunakan oleh lebih dari 340 juta orang di 19 negara Eropa, termasuk Austria, Belgia, Siprus, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Belanda, Portugal, MaltaSlovakia, Slovenia dan Spanyol. [ab]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Jelang 20 Tahun Mata Uang Euro : http://bit.ly/2LJ9Wv6

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jelang 20 Tahun Mata Uang Euro"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.