Search

Tekan Biaya Produksi Olah Limbah Usaha Snack dan Gorengan - Padang Express

Tim pengabdian masyarakat dari Departemen Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Unand dan Program Studi DIV Teknik Manufaktur, Politeknik Negeri Padang.

PADEK.CO— Departemen Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Unand dan Program Studi D IV Teknik Manufaktur, Politeknik Negeri Padang (PNP) berkolaborasi mengadakan pengabdian masyarakat. Kali ini, berkaitan penerapan konsep 3R (recycle, reduce & reuse) di Kelurahan Lubukminturun, Kota Padang, baru-baru.

Diawali survei April 2023 lalu, tim menemukan bahwa agroindustri makanan ringan (usaha pembuatan snack dan gorengan) menghasilkan berbagai limbah. Di antaranya, kulit pisang, kulit sukun, kulit ubi jalar, kulit singkong, kulit sukun, cangkang telur, kulit bawang, kulit kunyit, kulit jahe dan air pencucian bahan baku.

”Selama ini (limbah, red) belum dimanfaatkan. Padahal, banyak peluang yang bisa dilakukan agroindustri dengan mengolah limbah tersebut menjadi berbagai macam produk. Di sisi lain, limbah berupa air sisa pencucian juga bisa digunakan kembali untuk aktivitas lain,” ujar tim pengabdian, Vonny Indah Mutiara SP MEM PhD, Sabtu (24/6/2023).

Berdasarkan itulah, tim melakukan pelatihan bertajuk ”Penguatan manajemen produksi dengan penerapan konsep 3R pada Agroindustri Makanan Ringan di Kelurahan Lubukminturun”. Sesi pertama agroindustri diberikan pelatihan pengolahan (recycle) limbah untuk dijadikan pupuk kompos.

”Di mana, masing-masing agroindustri dibantu 2-3 orang tim pengabdian sebagai narasumber untuk langsung mempraktikkan pembuatan pupuk kompos dengan metode anaerob. Pembuatan pupuk kompos ini didampingi tim pengabdian terdiri dari Rini Hakimi, Syahyana Raesi, Rina Sari, Dian Hafizah, Rika Hariance, dan Yusmarni,” ujar Vonny.

Sesi kedua, agroindustri mendapat penyuluhan cara mengurangi (reduce) limbah atau bahan produksi. Selain itu, juga pelatihan membuat penyaringan air limbah agar kembali jernih sehingga bisa digunakan kembali (reuse).

”Pada pembuatan penyaringan air, masing-masing agroindustri dibantu 2-3 orang tim pengabdian sebagai narasumber. Tim pengabdian yang terlibat pada sesi dua ini terdiri dari Rusyja Rustam, Ifdal, Zednita Azriani, Cipta Budiman, Widya Fitriana, dan Afrianingsih Putri,” kata tim pengabdian lainnya, Daddy Budiman ST MEng.

Lewat pelatihan ini, agroindustri menyadari bahwa limbah yang telah diolah menjadi pupuk kompos dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan tambahan. Selain itu, agroindustri juga dapat mengurangi biaya produksi dengan penggunaan kembali limbah air pencucian dan aktivitas produksi lebih efisien. (r)

Adblock test (Why?)



"Snack" - Google Berita
June 24, 2023 at 01:10PM
https://ift.tt/LhKc3P5

Tekan Biaya Produksi, Olah Limbah Usaha Snack dan Gorengan - Padang Express
"Snack" - Google Berita
https://ift.tt/kv1ld6Y
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tekan Biaya Produksi Olah Limbah Usaha Snack dan Gorengan - Padang Express"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.