Search

Presiden Ukraina Kembali Maju dalam Pilpres Mendatang

Presiden Ukraina Petro Poroshenko hari Selasa (29/1) menggelar kampanye pencalonan ulang dirinya pada pemilu Maret mendatang, yang diperkirakan akan menjadi ajang persaingan sengit antara dirinya dan seorang mantan perdana menteri.

Berbicara kepada para pendukungnya di ibukota Kyiv, Poroshenko mengemukakan harapannya bahwa Ukraina berusaha keras bergabung dengan Uni Eropa dan NATO, jika dia memenangkan pemilu untuk masa jabatan lima tahun kedua sebagai presiden.

"Kita harus menjaga integrasi Ukraina dengan Uni Eropa dan NATO," katanya. ''Kita tidak boleh berhenti setengah jalan.''

Saingan utama Poroshenko, mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko, memasuki masa kampanye minggu lalu, menjanjikan untuk merebut kembali kendali atas semenanjung Krimea yang dicaplok Rusia dan daerah-daerah yang dikuasai separatis di bagian timur. Yulia Tymoshenko menuduh Poroshenko dan rekan-rekannya mengambil manfaat dari konflik separatis yang sedang berlangsung di sana.

Jajak pendapat menunjukkan Poroshenko tertinggal di belakang Tymoshenko. Sebagian bahkan menempatkan pelawak Volodymyr Zelenskiy pada urutan kedua, di depan Poroshenko.

Jauh sebelum pengumuman hari Selasa, presiden berupaya meningkatkan dukungan publik yang menurun dengan memelopori upaya memastikan kemandirian gereja Ukraina dari Gereja Ortodoks Rusia.

Awal bulan ini, Poroshenko melawat ke Ukraina dengan Tomos,

sebuah gulungan berisi dekrit Patriarki Ekumene yang memberi gereja Ortodoks Ukraina yang baru hak untuk mengatur sendiri. Baliho-baliho dipasang dengan gambar Poroshenko sedang memegang tomos yang

diumpamakan sebagai jalan besar yang menghubungkan bandara Kiev dan pusat kota.

Perdana Menteri dan ketua parlemen Ukraina berbicara di kongres untuk menyatakan dukunganya bagi Poroshenko. (ps/ab)

Let's block ads! (Why?)

Read For More Presiden Ukraina Kembali Maju dalam Pilpres Mendatang : http://bit.ly/2RXMUqY

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Ukraina Kembali Maju dalam Pilpres Mendatang"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.