Search

Saudi Bebaskan Sementara Tiga Aktivis Hak Perempuan

Tiga aktivis hak perempuan Saudi telah dibebaskan untuk sementara setelah dipenjarakan selama 10 bulan.

Dua sumber memberitahu kantor berita Associated Press hari Kamis (28/3) bahwa Aziza al-Yousef, seorang profesor, Eman al-Nafjan, ibu empat anak dan seorang profesor linguistik, dan seorang perempuan lainnya telah dibebaskan. Sedikitnya salah seorang di antara mereka telah kembali bersama keluarganya.

Pembebasan itu berlangsung sehari setelah lebih dari 10 aktivis hak-hak perempuan Saudi tampil di hadapan panel beranggotakan tiga hakim di pengadilan di Riyadh dan menyampaikan pembelaan mereka. Mereka juga berbicara mengenai penganiayaan fisik dan pelecehan seksual yang mereka sebut dilakukan oleh para interogator berpenutup wajah.

Ini adalah pertama kalinya mereka dibebaskan dari tahanan sejak Mei tahun lalu. Mereka hadir dalam sidang kedua sejak ditangkap, Rabu lalu.

Ketiga perempuan itu telah lama mendorong hak untuk mengemudi dan menyerukan diakhirinya undang-undang perwalian kaum lelaki yang bersifat membatasi. Undang-undang itu mengharuskan kaum perempuan dari semua kelompok usia untuk mendapat izin dari kerabat lelaki mereka untuk bepergian keluar negeri, memiliki paspor, menikah, atau menjalani prosedur medis tertentu. [uh]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Saudi Bebaskan Sementara Tiga Aktivis Hak Perempuan : https://ift.tt/2uyclBp

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saudi Bebaskan Sementara Tiga Aktivis Hak Perempuan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.