Search

Dari Sisik Ikan, Disulap Menjadi Minuman Kolagen-Snack - Jawa Pos

INOVASI dilakukan Siti Nur Seha. Perempuan asal Desa Bimo, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo ini berinovasi dengan memanfaatkan limbah sisik ikan. Perempuan kelahiran 10 Juli 1996 itu, menyulap sisik ikan menjadi minuman kolagen dan snack bisikan.

Inovasi yang dikembangkan itu berawal dari dari sebuah riset atau penelitian tentang sisik ikan pada 2017 lalu. Kemudian pada 2019 ia mulai memproduksi gelatin. Tak berhenti di situ ia selanjutnya juga melakukan inovasi dari gelatin menjadi kolagen.

“Waktu kuliah saya pernah membuat karya tulis tentang maritim. Dari situ, saya berpikir sisik ikan ini memiliki potensi besar. Karena saya melihat di pengolahan ikan, sisik itu dibuang begitu saja. Akhirnya saya melakukan riset. Waktu itu di Batam,” ujar Alumnus S1 Universitas Airlangga (Unair) Surabaya itu.

Selain itu, inovasi itu tidak terlepas dari keinginannya untuk memproduksi kolagen halal. Sebab menurutnya, kolagen yang beredar kebanyakan dari luar negeri. Sehingga, belum bisa dipastikan kehalalannya. “Minuman kolagen yang saat ini beredar di Indonesia adalah produk impor dari Jepang, Korea, dan Taiwan,” katanya.

Inovasi itu ternyata membawa berkah baginya. Bahkan, kini menjadi ladang usaha sejak Oktober 2020. Pemasarannya sudah menembus berbagai daerah di Indonesia. Mulai Jawa Timur, Jawa Barat hingga DKI Jakarta. “Produk yang saya hasilkan berupa minuman kolagen berbentuk serbuk dan snack bisikan, hasil samping dari kolagen,” jelasnya.

Menurutnya, jumlah produknya yang keluar ke berbagai daerah tergantung pesanan. Untuk minuman kolagen, dalam sebulan berkisar antara 2.000 sachet. Sementara untuk snack bisikan, perminggu bisa 500 pieces. “Saya juga ada rencana memasarkan produk saya ke retail yang akan bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Selain menghasilkan pundi-pundi rupiah, dalam usahanya itu, Seha -panggilannya- juga berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Mereka diberdayakan untuk membersihkan sisik ikan. “Ada 5 hingga 6 orang yang saya libatkan dalam usaha ini. Gajinya dengan sistem harian.”

Adblock test (Why?)



"Snack" - Google Berita
November 30, 2021 at 09:01AM
https://ift.tt/3G04bV2

Dari Sisik Ikan, Disulap Menjadi Minuman Kolagen-Snack - Jawa Pos
"Snack" - Google Berita
https://ift.tt/2MXuD8x
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dari Sisik Ikan, Disulap Menjadi Minuman Kolagen-Snack - Jawa Pos"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.