Search

NASA Peringati 60 Tahun Eksplorasi Antariksa

Mimpi eksplorasi antariksa AS dimulai secara resmi 60 tahun lalu hari Minggu (29/7), ketika Presiden Dwight Eisenhower menandatangani sebuah UU yang mengijinkan pembentukan NASA -- Badan Antariksa Nasional AS.

Meskipun manusia telah memandangi bintang-bintang dan bertanya-tanya sejak mereka tinggal di gua, namun baru mengirim manusia ke antariksa pada masa Perang Dingin.

Dunia terkejut ketika Uni Soviet pada 4 Oktober 1957 meluncurkan Sputnik -- obyek buatan manusia pertama yang mengorbit bumi.

AS malu karena dikalahkan tidak hanya dari segi teknologi, tapi juga militer.

Eisenhower memerintahkan para ilmuwan untuk tidak hanya menyamai Soviet di antariksa, tapi juga mengalahkannya.

NASA dan beragam proyeknya -- Merkurius, Gemini dan Apollo -- digulirkan.

11 tahun setelah Eisenhower memerintahkan pembentukan NASA, astronot AS Neil Armstrong berjalan di bulan. Enam tahun kemudian, sebuah pesawat Apollo yang terhubung dengan sebuah Soyuz Soviet di orbit, mengubah persaingan menjadi persahabatan dan kerja sama.

NASA melanjutkan kemenangan itu dengan meluncurkan pesawat antariksa, mengirim kendaraan tak berawak ke Mars dan memberikan kontribusi ke Stasiun Antariksa Internasional. NASA berniat untuk mengirim misi berawak ke Mars di masa depan.

Bulan lalu, Presiden AS Donald Trump menyerukan dibentuknya "space force" sebagai cabang militer keenam AS.

NASA secara resmi akan merayakan ulang tahun ke-60 pada 1 Oktober -- hari ketika badan itu secara resmi mulai beroperasi. [vm/al]

Let's block ads! (Why?)

Read For More NASA Peringati 60 Tahun Eksplorasi Antariksa : https://ift.tt/2M3MXKA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NASA Peringati 60 Tahun Eksplorasi Antariksa"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.