Search

KTT Trump, Kim Berakhir Tanpa Kesepakatan

Presiden AS Donald Trump mengatakan, pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berakhir, Kamis, tanpa kesepakatan karena kedua pihak berselisih pendapat mengenai pencabutan sanksi-sanksi AS.

“Pada dasarnya mereka ingin seluruh sanksi dicabut dan kita tidak bisa melakukan itu,” kata Trump kepada wartawan pada konperensi pers penutupan di ibukota Vietnam, Hanoi, tempat berlangsungnya KTT itu.

“Mereka bersedia mendenuklirisasi sebagian besar fasilitas nuklir mereka seperti yang kita inginkan, tapi kita tidak bisa mencabut semua sanksi karena hal itu, “ kata Trump. Ia mengatakan, mereka membahas mengenai perlucutan fasilitas nuklir Yongbyon, dan Kim menjanjikan bahwa Korea Utara tidak akan melangsungkan uji roket, uji misil, atau apapun yang terkait dengan nuklir.

Pertemuan hari Kamis (28/2) berakhir lebih awal karena Trump dan Kim tidak melangsungkan makan siang dan upacara penandatanganan kesepakatan sebagaimana yang direncanakan.

Trump menggambarkan pembicaraan di Hanoi produktif, dan, menurutnya, kedua pihak, seiring berjalannya waktu, akan mencapai kesepakatan mengenai denuklririsasi Korea Utara. Namun ia mengatakan, KTT ke-3 belum direncanakan.

Menlu AS Mike Pompeo mengatakan, ia berharap pembicaraan antara kedua negara akan segera kembali dilangsungkan.

Sebelumnya pada hari itu, baik Trump maupun Kim mengekspresikan keoptimisan mereka mengenai perundingan program nuklir Korea Utara. [ab]

Let's block ads! (Why?)

Read For More KTT Trump, Kim Berakhir Tanpa Kesepakatan : https://ift.tt/2tI3pZO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KTT Trump, Kim Berakhir Tanpa Kesepakatan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.