Search

Tump Berharap “Hal-hal Hebat” Dalam KTT Kedua dengan Kim 

Presiden Donald Trump berharap pertemuan kedua dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan menghasilkan “hal-hal hebat”, kantor berita Associated Press melaporkan.

Trump mengungkapkan hal tersebut saat bertemu dengan pejabat negara tuan rumah, Vietnam, pada Rabu (27/2), hanya beberapa jam sebelum bertemu Kim.

Sementara itu, Kim masih berada di kamarnya sepanjang hari. Tapi dia diharapkan keluar sebentar untuk berjalan-jalan sebelum kedua pemimpin membuka pertemuan. Pertemuan petang ini akan diawali dengan pembicaraan tertutup dan jamuan makan malam.

Antisipasi terhadap pertemuan kedua pemimpin tersebut sangat terasa di di ibu kota Vietnam, Hanoi. Tapi tema serius pertemuan itu, yaitu untuk perlucutan senjata nuklir Korut dan perdamaian di Semenanjung Korea, terasa kontras dengan atmosfer di Hanoi, yang lebih mirip karnaval. Para seniman jalanan melukis gambar kedua pemimpin dan penjual kaki lima menjajakan kaus-kaus bergambar Kim dan Trump.

“Kami merencanakan pertemuan besar malam ini, seperti yang Anda ketahui, dengan Pemimpin Korea Utara Kim. Dan saya rasa pertemuan itu akan sangat sukses,” kata Trump kepada para pejabat tinggi Vietnam.

“Kita lihat apa yang terjadi. Tapi dia ingin melakukan hal-hal hebat,” kata Trump, sambil menambahkan Kim bisa menggunakan Vietnam sebagai model revitalisasi ekonomi.

“Bila Anda melihat yang sudah Anda lakukan dalam waktu singkat, dia akan melakukan dalam waktu yang sangat, sangat cepat—menjadikan Korea Utara kekuatan ekonomi besar.”

Reuters juga melaporkan, Trump memuji potensi Korea Utara yang “luar biasa”.

Seperti diberitakan Reuters sebelumnya, Trump dan Kim dijadwalkan bertemu di Hotel Metropole para pukul 17.30 waktu setempat untuk pertemuan empat mata selama dua puluh menit yang dilanjutkan dengan makan malam bersama para asisten mereka, kata Gedung Putih.

Trump akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan pejabat pelaksana Kepala Staf Mick Mulvaney. Sedangkan Kim akan ditemani oleh utusan khususnya, Kim Yong Chol dan Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho, Reuters melaporkan. [ft/ww]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Tump Berharap “Hal-hal Hebat” Dalam KTT Kedua dengan Kim  : https://ift.tt/2Tg6hLQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tump Berharap “Hal-hal Hebat” Dalam KTT Kedua dengan Kim "

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.