Search

Lima Group Peringatkan Ancaman Terhadap Pemimpin Oposisi Venezuela

Kelompok Lima atau Lima Group, Senin (25/2), mengatakan ada ancaman serius dan nyata terhadap keselamatan pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido.

Para diplomat Lima Group dalam pertemuan di Bogota pada Senin mengatakan mereka meminta pertanggungjawaban Presiden Venezuela Nicolas Maduro apabila terjadi sesuatu terhadap Guaido atau keluarganya.

Lima Group adalah kelompok regional 14 negara termasuk Argentina, Brazil, Kanada, Chile, Kolombia dan Honduras yang bersatu untuk mencari penyelesaian damai terhadap krisis politik di Venezuela termasuk penegakan kembali tata tertib konstitusional, demokrasi dan aturan hukum.

Menteri Luar Negeri Kolombia Carlos Holmes Trujillo mengatakan, tiap kekerasan terhadap Guaido, istri atau keluarganya akan dijawab dengan semua mekanisme hukum dan politik.

Guaido adalah ketua Parlemen Venezuela yang menggunakan wewenangnya pada Konstitusi untuk menyatakan kepemimpinan Maduro tidak sah karena kecurangan dalam pemilihan, sebab itu ia menyatakan diri sebagai presiden sementara (interim).

Amerika adalah negara pertama yang mengakui Guaido sebagai presiden disusul oleh sekitar 50 negara lain.

Lima Group ingin Mahkamah Kejahatan Internasional menyatakan penolakan Maduro mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Venezuela sebagai ‘kejahatan terhadap kemanusiaan’. Namun, Lima Group menampik penggunaan kekerasan untuk menjatuhkan Maduro guna membuka jalan diadakan pemilihan umum baru. [al]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Lima Group Peringatkan Ancaman Terhadap Pemimpin Oposisi Venezuela : https://ift.tt/2ThUcpb

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lima Group Peringatkan Ancaman Terhadap Pemimpin Oposisi Venezuela"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.