Search

BBPOM Semarang Edukasi Pedagang Agar Snack Ada Izin PIRT - KuasaKata.com

Ada beberapa produk snack atau makanan ringan yang di jual di Pasar Gayamsari dan Pasar Pedurungan belum ada izin PIRT.

Senin, 03 April 2023 | 14:54 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Semarang mengingatkan pedagang di Kota Semarang agar mengutamakan menjual snack yang ada izin pangan industri rumah tangga (PIRT). Hal ini guna menjaga kesehatan konsumen.

Hal itu disampaikan Staf Pemeriksaan BBPOM Semarang Sumito saat sidak snack di Pasar Gayamsari dan Pasar Pedurungan Kota Semarang, pada Senin (3/4). Dalam sidak ini, pihaknya menemukan sejumlah snack lebaran atau makanan ringan belum ada izin pangan industri rumah tangga (PIRT).

BERITA TERKAIT:
BBPOM Semarang Edukasi Pedagang Agar Snack Ada Izin PIRT
Disdag Kota Semarang Prediksi H-10 Lebaran Terjadi Kenaikan Harga Pangan

“Ada beberapa produk snack atau makanan ringan yang di jual di Pasar Gayamsari dan Pasar Pedurungan belum ada izin PIRT,” kata Sumito.

Pihaknya lantas memberikan edukasi kepada pedagang agar mereka bisa menyampaikan ke pihak produsen agar mengajukan izin PIRT ke Dinas Kesehatan setempat.

"Jika dibuat di Semarang, maka izin PIRT ke Dinas Kesehatan Kota Semarang," ujarnya.

Karena belum ada izin PIRT, lanjut dia, para produsen juga belum teredukasi terkait penulisan e-tiket. Sehingga, cukup banyak makanan yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa.

"Belum ajukan PIRT, makanya belum paham. Dia tidak menuliskan tanggal kedaluwarsa. Kalau pengusaha industri rumah tangga sudah mengajukan izin, nanti diedukasi tata cara penulisan tiket," terang dia.

Pedagang snack di Pasar Pedurungan, Vera mengatakan, makanan yang dijual rata-rata sudah mencantumkan tanggal kedaluarsa pada kemasan besar. Namun, saat pihaknya mengecer kepada pedagang tidak mencantumkan tanggal kedaluarsa.

"Disuruh ada kedaluarsanya. Habisnya tanggal berapa. Tapi yang kemasan bal-balan ada. Dikemas sendiri pun langsung habis," ungkap Vera.

Pihaknya mengaku tidak pernah menyetok lama. Jelang Idulfitri, dia juga akan mengulak sesuai permintaan. Sehingga, dipastikan akan habis sebelum lebaran.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Semarang Fajar Purwoto menyayangkan, banyak makanan yang tidak ada masa kedaluwarsa. Pihaknya pun mengimbau masyarakat berhati-hati dalam membeli makanan untuk lebaran.

***

Adblock test (Why?)



"Snack" - Google Berita
April 03, 2023 at 02:54PM
https://ift.tt/LbUBMId

BBPOM Semarang Edukasi Pedagang Agar Snack Ada Izin PIRT - KuasaKata.com
"Snack" - Google Berita
https://ift.tt/N9uAnsI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BBPOM Semarang Edukasi Pedagang Agar Snack Ada Izin PIRT - KuasaKata.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.