Search

BPOM Semarang Temukan Snack Lebaran Yang Belum Berizin PIRT - Pemerintah Kota Semarang

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang masih menemukan sejumlah snack lebaran atau makanan ringan belum ada izin pangan industri rumah tangga (PIRT).

Hal itu diketahui saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh tim gabungan dari Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Semarang, Satpol PP ke sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang pada Senin, (3/4/2023)

Staf Pemeriksaan BPOM Semarang, Sumito mengatakan ada beberapa produk snack atau makanan ringan yang di jual di Pasar Gayamsari dan Pasar Pedurungan belum memiliki izin PIRT. 

Selain melakukan pemantauan dan pemeriksaan, BPOM juga memberikan edukasi kepada pedagang agar mereka bisa menyampaikan ke pihak produsen agar melakukan mengajukan izin PIRT ke Dinas Kesehatan setempat, sebelum melakukan produksi makanan. 

“Ada beberapa produk snack atau makanan ringan yang di jual di Pasar Gayamsari dan Pasar Pedurungan belum ada izin PIRT. Jika dibuat di Semarang, maka izin PIRT ke Dinas Kesehatan Kota Semarang," katanya

Karena belum memiliki izin PIRT, para produsen juga belum teredukasi terkait penulisan e-tiket. Sehingga, cukup banyak makanan yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa. 

"Belum ajukan PIRT, makanya belum paham. Dia tidak menuliskan tanggal kedaluwarsa. Kalau pengusaha industri rumah tangga sudah mengajukan izin, nanti diedukasi tata cara penulisan tiket," ucapnya

Saat ini, BPOM terus melakukan pengawasan dan pembinaan secara periodik terhadap semua jenis makanan. Apalagi jelang Idulfitri, pengawasan akan lebih digencarkan, teruma pada snack atau makanan ringan. 

"Karena ini moment Lebaran, trennya snack. Kami fokus disitu," tegasnya

Adblock test (Why?)



"Snack" - Google Berita
April 05, 2023 at 09:00AM
https://ift.tt/0MZrxpo

BPOM Semarang Temukan Snack Lebaran Yang Belum Berizin PIRT - Pemerintah Kota Semarang
"Snack" - Google Berita
https://ift.tt/ck4RAXo
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BPOM Semarang Temukan Snack Lebaran Yang Belum Berizin PIRT - Pemerintah Kota Semarang"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.