Search

[Kreanova] Snack Bar sebagai Bentuk Pengembangan Olahan Jagung - Kompasiana.com - Kompasiana.com

Jagung merupakan biji-bijian dan termasuk dalam tanaman pangan penghasil karbohidrat selain gandum dan padi. di Indonesia sendiri jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang butuh dibudidayakan secara massal untuk memeuhi standar kebutuhan jagung Indonesia. 

saat ini, jagung dapat dikembangkan menjadi bahan pangan dan bahan industri. Adanya industri dengan bahan baku jagung semakin meningkat, inovasi pengembangan jagung sebagai bahan pangan perlu diperhatikan untuk meningkatkan kembali kebutuhan jagung sebagai pangan yang lebih praktis dan efisien. berikut data yang diperoleh tentang konsumsi jagung :

sumber : outlook jagung 2020
sumber : outlook jagung 2020

penggalakan inovasi baru terhadap tanaman jagung perlu di tingkatkan agar guna jagung sebagai bahan pangan dan sebagai penghasil karbohidrat untuk manusia tidak tergantikan perannya. berbagai inovasi dan kreativitas telah muncul untuk pengolahan tanaman pagan khususnya jagung ini. 

selain untuk meningkatkan produk pangan, perlunya peningkatan ini juga didasari oleh kebergantungan manusia terhadap nasi sebagai makanan pokok untuk pemenuhan karbohidrat. sedangkan produktivitas lebih rendah jika dibandingkan dengan daya konsumsi tanaman padi. 

sebagai sumber karbohidrat, jagung diharapkan dapat menyediakan energi yang diperlukan dalam pola makan sehari-hari. jagung dapat dikonsmsi baik secara langsung maupun dengan diolah menjadi berbagai olahan makanan dan minuman seperti popcorn, tepung, sirup, dan masih banyak lagi. 

Jagung mengandung serat, vitamin B kompleks, dan antioksidan, yang semuanya berperan dalam mendukung kesehatan pencernaan dan metabolisme. Konsumsi jagung juga dapat membantu dalam pengelolaan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi. 

adanya manfaat jagung yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian manusia, diperlukan produk pengembangan olahan jagung yang praktis dan dapat dikonsumsi kapanpun namun tetap memiliki nutrisi yang kompleks. Hal ini menjadikan produk olahan seperti snack bar menjadi pilihan yang menarik bagi beberapa orang yang membutuhkan. Snack bar jagung bukan hanya sekadar camilan praktis, tetapi juga merupakan solusi gizi untuk gaya hidup modern yang sering kali sibuk. 

sebagai kaum milenial yang hanya ingin serba praktis, snack bar ini dinilai cocok untuk memenuhi kebutuhan harian. 

Snack bar meupakan sebuah pangan darurat berbentuk batang dan padat yang memiliki kecukupan kalori, protein, lemak dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Snack bar biasanya berupa makanan ringan yang berbentuk batangan yang umumnya berbahan dasar kacang–kacangan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya

Adblock test (Why?)



"Snack" - Google Berita
October 28, 2023 at 05:51AM
https://ift.tt/7fyLtDT

[Kreanova] Snack Bar sebagai Bentuk Pengembangan Olahan Jagung - Kompasiana.com - Kompasiana.com
"Snack" - Google Berita
https://ift.tt/Rj3vl24
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "[Kreanova] Snack Bar sebagai Bentuk Pengembangan Olahan Jagung - Kompasiana.com - Kompasiana.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.