Search

Menlu Baru AS Melawat ke Timur Tengah

Setelah melakukan tugas diplomasinya yang pertama di Brussels di pertemuan para menteri luar negeri NATO, Menteri Luar Negeri Amerika yang baru Mike Pompeo memulai perlawatan ke Timur Tengah, Sabtu (28/4).

Perlawatan tiga hari itu mencakup persinggahan di Arab Saudi, Israel, dan Yordania, di mana ia diperkirakan akan memberi keterangan kepada sekutu-sekutu Amerika mengenai kebijakan pemerintah Amerika terhadap Iran.

Hari Jumat (27/4) Pompeo mengatakan belum ada keputusan diambil mengenai apakah Presiden Donald Trump akan menarik Amerika dari persetujuan nuklir Iran, dan menambahkan bahwa perundingan masih terus berlangsung.

Dalam jumpa persnya yang pertama dalam jabatan barunya, Pompeo mengatakan, “kalau tidak ada perbaikan besar untuk mengatasi kekurangan dan cacad persetujuan itu, Presiden Trump tidak akan mungkin tetap ikut dalam persetujuan tersebut setelah bulan Mei.”

Baca juga: Menteri Luar Negeri AS Pompeo Langsung Bekerja

Pompeo mengatakan ia telah membicarakan persetujuan nuklir itu, yang dinamakan dengan singkatan JCPOA, dengan para menteri luar negeri NATO. Menteri luar negeri Amerika itu mengatakan masalah ini kemungkinan akan menjadi pokok pembicaraan utama dalam lawatannya di Timur Tengah setelah meninggalkan Brussels.

Pompeo juga menanggapi pertanyaan tentang cara menghadapi serangan Rusia terhadap demokrasi Barat, Ukraina, dan kunjungannya ke Korea Utara. [gp]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Menlu Baru AS Melawat ke Timur Tengah : https://ift.tt/2HCuqTu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menlu Baru AS Melawat ke Timur Tengah"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.