Search

Trump Saring Kandidat Hakim Agung Jadi 5 Orang, Termasuk 2 Perempuan

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan pihaknya telah menyaring daftar tokoh yang berpotensi dinominasi menjadi hakim Mahkamah Agung menjadi lima orang, termasuk dua perempuan, dan akan menyampaikan keputusannya tanggal 9 Juli mendatang.

Trump berupaya untuk menominasikan pengganti hakim agung Anthony Kennedy yang akan pensiun.

Presiden hari Jumat (29/6) mengatakan kepada wartawan di pesawat Air Force One bahwa ia mungkin akan mulai mewawancarai kandidat-kandidat tersebut akhir pekan ini di resor golf pribadinya di Bedminster, New Jersey, di mana ia akan menghabiskan waktu bersama keluarganya.

“Kita memiliki orang-orang yang hebat, yang sangat berbakat, brilian, dan umumnya hakim-hakim konservatif,” ujar Trump.

Ketika ditanya apakah ia berencana untuk menanyakan kepada para kandidat tentang pandangan mereka atas yang disebut “Roe versus Wade” – keputusan bersejarah Mahkamah Agung tentang tentang aborsi, Trump mengatakan “itu bukan pertanyaan yang akan saya tanyakan.”

Trump menambahkan menurutnya topik itu “tidak pantas untuk dibicarakan.”

Pensiunnya hakim agung Anthony Kennedy, yang memainkan peran kunci di Mahkamah Agung, memberi peluang yang diinginkan oleh Presiden Trump untuk membuat penunjukkan kedua untuk posisi di Mahkamah Agung.

Trump menominasikan hakim agung Neil Gorsuch pada Januari 2017. Hari Jumat siang Trump mengatakan kepada Fox News, ia mencari calon yang seperti Gorsuch, dengan mengatakan Gorsuch menjadi hakim yang “sangat luar biasa” bagi Mahkamah Agung. [em/al]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Trump Saring Kandidat Hakim Agung Jadi 5 Orang, Termasuk 2 Perempuan : https://ift.tt/2MyIhMJ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Saring Kandidat Hakim Agung Jadi 5 Orang, Termasuk 2 Perempuan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.