Search

Sekjen: PBB Berusaha Keras Pastikan Pembicaraan Damai Yaman

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan PBB berusaha keras untuk memastikan pembicaraan damai mengenai Yaman bisa digelar sebelum akhir tahun.

Pembicaraan secara tentatif dijadwalkan dibuka minggu depan di Stockholm antara pejabat-pejabat Yaman dan wakil pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Guterres mengatakan pada KTT G-20 di Buenos Aires, Kamis (29/11), bahwa "terjadi sejumlah kemunduran" dan ia tidak ingin banyak berharap. Tetapi, ia berharap sesuatu akan terjadi sebelum akhir 2018.

Juru bicara Houthi pada Kamis mengatakan, pihaknya akan datang ke Swedia untuk pembicaraan itu pekan depan jika keamanan mereka dijamin.

Duta Besar Inggris untuk Yaman Michael Aron mengatakan ia mengirim pesan kepada kepala delegasi Houthi dan Menteri Luar Negeri Yaman Khaled al-Yamani, memberitahu bahwa ia akan datang ke Stockholm. Aron berharap bertemu keduanya di sana.

Juga pada Kamis, Duta Besar Amerika untuk Yaman Matthew Tueller mengatakan Iran adalah salah satu kekuatan utama yang hendak menimbulkan ketidakstabilan di Yaman dan seperti "menyiram bensin ke api" di seluruh Timur Tengah.

Iran membantah mengirim senjata kepada orang-orang Houthi melalui pelabuhan Hodeida yang dikuasai pemberontak itu, pusat terjadinya beberapa pertempuran sengit.[ka]

Let's block ads! (Why?)

Read For More Sekjen: PBB Berusaha Keras Pastikan Pembicaraan Damai Yaman : https://ift.tt/2RmgBNV

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sekjen: PBB Berusaha Keras Pastikan Pembicaraan Damai Yaman"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.